Colorado Springs, Colorado, USA - November 21, 2013: A Nexus 5 displaying the home screen. Developed by Google and LG, the Nexus 5 is the first smartphone to run the Android 4.4, KitKat operating system. The Nexus 5 was released on October 31, 2013.

Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Paling Mudah

Chinarainbow.org – Aplikasi Google Play Store Sering Berhenti? Yuk, Cara Mengatasi Google Play Store Terhenti Paling Mudah Apakah hp Anda sedang mengalami masalah pada aplikasi google play store sering berhenti? Yu, segera atasi dengan cara ini, agar aplikasi play store kembali berjalan dengan normal. Sehingga Anda lebih mudah dan nyaman saat menginstal aplikasi di play store.

Memiliki hp Android tentu sangat dibutuhkan bagi semua pengguna. Selain untuk komunikasi, ponsel Android memiliki kelengkapan yang sangat bagus. Sehingga sangat memudahkan dalam melakukan segala aktivitas tertentu, seperti adanya aplikasi google play store.

Google Play Store

Google play store adalah salah satu aplikasi milik google sebagai tempat penyediaan berbagai macam aplikasi yang bisa di download oleh para pengguna. Akan tetapi, sebagian dari pengguna sering terjadi mengalami masalah pada aplikasi google play store sering berhenti tiba-tiba. Hal ini tentu harus diatasi dengan cepat agar memudahkan dalam melakukan install.

Penyebab google play store sering terhenti tiba-tiba ini bisa disebabkan oleh beberbagai macam faktor, seperti berjalan secara barengan dengan iklan pop-up yang menyebabkan google play store sulit bekerja

Penyebab Google Play Store Sering Berhenti atau Eror

Ada beberapa penyebab google play store sering berhenti atau eror terjadi pada semua pengguna Android, seperti :

Memory RAM Penuh

Penyebab google play store sering berhenti bisa jadi karena kapasitas memory ram penuh. Biasanya ini terjadi akibat banyak aplikasi yang bekerja secara bersamaan. Sehingga data didalam memory ram menjadi penuh dan menimbulkan eror pada aplikasi lainnya.

Oleh karena itu, supaya aplikasi tetap berjalan lancar, maka hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan. Atau bisa menambah memory tambahan, sehingga semua aplikasi bisa berjalan dengan baik.

Kualitas Play Store Kadaluarsa

Selain memory ram penuh, penyebab aplikasi google play store berhenti bisa terjadi akibat kualitas play store sudah kadaluarsa. Hal ini yang menyebabkan tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, tentu Anda harus memperbaharui aplikasi google play store terlebih dahulu.

History Menumpuk di Ponsel

Terlalu banyak history menumpuk di ponsel tentu dapat menyebabkan aplikasi google play store bisa berhenti atau tidak berjalan dengan baik. Bahkan, aplikasi lainnya yang sudah terinstal di hp pun dapat menimbulkan tidak bekerja alias eror.

Cara Mengatasi Google Play Store Berhenti Mendadak

Setelah mengetahui penyebab google play store berhenti mendadak secara tiba-tiba, maka kita harus memperbaikinya dengan cepat. Berikut ini, cara mengatasi aplikasi google play store berhenti mendadak dengan mudah, yaitu:

Menghapus History Play Store Menumpuk

Cara mengatasi aplikasi google play store berhenti mendadak yang pertama lakukan adalah menghapus history play store yang menumpuk di ponsel. Dimana, ketika memory ram sudah menumpuk, maka dapat mengakibatkan google play store eror atau berhenti mendadak. Oleh karena itu, supaya google play store bekerja dengan baik, maka segera hapus cachenya.

Cara menghapus cache google play store, pertama buka menu handphone. Kemudian pilih setelan, lalu pilih app manager. Setelah muncul aplikasi sistem, klik google play store. Selanjutnya, pilih storage dan pilih opsi hapus cache.

Setelah menghapus data, kemudian restart handphone Anda. Lalu cek aplikasi play store, apakah bisa berjalan dengan lancar atau belum. Apabila sudah berjalan, maka google play store sudah bisa digunakan lagi.

Update Play Store Terbaru

Ketika Anda sudah mencoba melakukan cara pertama tetapi hasilnya masih sama, maka Anda bisa mencoba dengan cara yang kedua yaitu update play store terbaru. Dengan tujuan agar aplikasi google play store berjalan dengan baik. Sehingga pengguna lebih memudahkan menggunakan aplikasi tersebut dengan lancar.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Kontak Handphone yang Hilang

Uninstall Aplikasi Tertentu

Banyak sekali faktor penyebab aplikasi google play store berhenti secara mendadak atau eror. Biasanya itu bisa terjadi akibat ada salah satu aplikasi yang mengganggu dalam sistem operasi handphone. Maka dari itu, cek hp android terlebih dahulu, apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak. Jika ada, segera uninstall aplikasi tersebut.

Install Ulang

Setelah mengetahui penyebab google play store berhenti, solusi terbaiknya adalah install ulang. Pada dasarnya, play store yang sudah kadaluarsa tidak akan berjalan dengan baik, atau sering terjadi eror maupun berhenti secara mendadak ketika digunakan. Namun, satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum install ulang adalah mencari file aplikasi google play store yang tepat agar dapat bekerja dengan baik.

Mengembalikan Reset Pabrik

Apabila Anda sudah mencoba dengan 4 cara diatas tetapi belum berhasil. Maka solusi yang terakhir cara mengatasi google play store berhenti mendadak yaitu mengembalikan reset pabrik. Hal ini, tentu sangat efektif google play store bekerja dengan baik. Karena, mengembalikan ke reset pabrik tentu kondisi tampilan layar handphone akan kembali kesemula.

Jadi, itulah pembahasan aplikasi google play store sering berhenti? Yu, segera atasi dengan cara ini yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Dan, permasalahan google play store terjadi pada handphone Anda bisa kembali berjalan normal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.