Newspaper icons. Small news press icon set for web, articles and broadsheet, website media and printing paper signs, vector illustration

Contoh Cara Membuat Jurnal Umum Paling Mudah

Chinarainbow.org – Hallo sahabat semuanya, jika kalian mendapat tugas disuruh membuat jurnal oleh guru maupun dosen, kalian tidak perlu bingung. Kali ini, saya akan memberi contoh cara membuat jurnal umum paling mudah yang bisa kalian coba sendiri dirumah.

Membuat jurnal umum bagi pemula pasti akan berpikir susah banget, tetapi ketika sudah mencoba belajar dengan melihat contoh jurnal maka akan lebih mudah dalam mengerjakannya. Bahkan tidak sampai 30 menit sudah selesai dengan sempurna.

Kegunaan jurnal umum dijadikan untuk laporan transaksi keuangan baik digunakan perusahaan, usaha online, perkantoran, toko-toko, dll. Maka tak heran, jika disetiap individu pasti ada salah satu staf bagian keuangan yang mengerjakan jurnal tersebut.

Lantas, bagaimana cara membuat jurnal umum bagi pemula?

Sebelum membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita megetahui tentang jurnal umum terlebih dahulu.

Apa itu Jurnal Umum?

Jurnal umum adalah salah satu bagian dari berbagai macam laporan keuangan maupun instansi untuk mengetahui atau mencatat semua transaksi yang telah dijalankan secara berurutan.

Jurnal terbagi menjadi beberapa jenis dalam akutansi, seperti jurnal pembalik, penutup, khusus, penyesuaian dan umum. Tergantung dari kebutuhan yang diperlukan dalam dunia bisnis maupun laporan keuangan lainnya.

Pembuatan jurnal umum ini bisa dibuat melalui buku atau Microsoft exel. Dimana, petugas akan mencatat buki transaksi, mulai harian, bulanan dan tahunan.

Fungsi Jurnal Umum

Ada beberapa fungsi jurnal umum yang dibutuhkan oleh perusahaan, diantaranya:

Historis

Fungsi jurnal umum historis yaitu mencatat laporan semua riwayat dalam transaksi bisnis secara rutin dan kronologis.

Pencatatan

Fungsi jurnal umum pencatatan yang dimaksud adalah mencatat semua biaya pendapatan,pengeluaran, keuntungan hingga perubahan modal.

Analisis

Fungsi jurnal analisis adalah mencatat semua transaksi pada jurnal umum yang telah dibentuk dalam kredit maupun debit serta laporan keuangan lainnya.

Intruksi

Fungsi jurnal umum intruksi adalah mencatatan semua laporan keuangan dan juga dokumentasi dari setiap hari, bulanan dan tahunan.

Informatif

Fungsi jurnal umum yang terakhir adalah informatif. Ini memiliki fungsi untuk memberikan informasi atau penjelasan semua tentang buku transaksi dari setiap keuangan yang telah dicatat.

Manfaat Jurnal Umum

Selain fungsi yang didapatkan, jurnal umum juga memiliki manfaat sangat baik bagi perusahaan. Berikut ini, manfaat jurnal umum bagi perusahaan, kantor, bisnis, dll:

Mengurangi resiko setiap perubahan data yang ada

Mencatat semua laporan keuangan dengan baik dan tersusun

Menghindari terjadi adanya laporan fiktit atau fraud

Memudahkan staf atau atasan dalam memeriksa semua laporan secara lengkap

Mempercepat dan memudahkan dalam mencatat proses data transaksi

Mudah dalam memindahkan laporan keuangan pada buku besar

Mengatur keuangan pengeluaran pada saat pendapatan sedang menurun

Mempermudah dalam penginputan disemua data yang akan dimasukan kedalam jurnal

Cara Membuat Jurnal Umum

Sekarangan kita akan membahas ketopik. Cara membuat jurnal umum paling mudah untuk kebutuhan laporan keungan perusahaan, sekolah, kampus, bisnis, kantor dan sebagainya:

Pahami Persamaan Dasar Akutansi

Langkah pertama, cara membuat jurnal umum adalah pahami persamaan dasar akutansi. Jadi, pada saat kalian menginput data transaksi di jurnal, kalian harus mengisi setiap kolom yang ditentukan baik nama pembelian atau penjualan dan bukti pembayaran. Kemampuan dalam pembuatan jurnal ini, kalian bisa lihat dibuku table akutansi diperpustakaan maupun lainnya.

Salah satu contoh kolom yang harus kalian buat yaitu modal awal, kredit, debit, nama pembayaran dan pengeluaran, tanggal transaksi, dan sebagainya.

Bukti Transaksi

Langkah kedua, cara membuat jurnal umum adalah mengumpulkan semua bukti transaksi. Dimana, kalian dituntut untuk mengisi laporan keuangan bukti transaksi yang telah ada, baik kwitansi, nota, invoice, daftur dan sebagainya. satu hal yang harus diingat bagi pemula yaitu mencatat bukti transaksi ini hanya ada pada pembukuan jurnal umum untuk menyimpan data keuangan secara lengkap.

Bukti transaksi ini sangat penting didalam pembukuan jurnal untuk melengkapi laporan keuangan lebih lengkap dan fakta ada.

Laporan Jurnal Umum

Langkah yang terakhir, cara membuat jurnal umum adalah mencatat semua laporan jurnal umum yang dibuat dengan format exel maupun buku cadangan untuk mengisi laporan keuangan baik pengeluaran, pendapatan dan tanggal transaksi. Hal ini, kita bisa melihat hasil jumlah transaksi yang didapatkan setiap hari, bulanan dan tahunan.

Sekali lagi, cara membuat jurnal bisa dibuat melalui microsof exel atau software akutansi. Dijaman sekarang, sudah banyak aplikasi akutansei secara digital yang bisa digunakan oleh perusahaan, bisnis, perkantoran maupun lainnya untuk membuat laporan keuangan dengan baik.

Nah, itulah pembahasan cara membuat jurnal umum paling mudah yang dapat kami sampaikan, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama mahaswa yang sedang belajar cara membuat jurnal umum tugas kampus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.